Penyediaan Fasilitas Cuci Tangan di Tempat Umum

Pandemi yang belum mereda memaksa seluruh lapisan masyarakat untuk harus tetap waspada. Kita tidak boleh terlalu panik dan takut, namun proteksi diri sendiri dan lingkungan sekitar merupakan hal yang wajib kita lakukan. Menjaga kebersihan, memakai masker, jaga jarak dengan orang lain, dan rajin menuci tangan merupakan beberapa solusi paling tepat yang mudah dilakukan.  

Membatasi diri keluar rumah juga menjadi jalan keluar paling aman yang sudah menjadi himbauan oleh pemerintah. Karena jika berada di dalam rumah otomatis kebersihan dan kontak fisik dengan orang lain akan lebih terjaga. Akan tetapi tentu tidak mungkin jika kita tidak keluar rumah sama sekali. Kenyataannya, sebagian besar masyarakat masih perlu bekerja dan pergi ke tempat umum, seperti ojek online, pegawai pemerintah, hingga tukang sampah yang selalu berkeliling menjaga lingkungan agar tetap bersih, atau mereka yang perlu keluar rumah dan menggunakan jasa umum seperti ATM, pergi ke supermarket, apotek, toko kelontong, dan lain-lain. Sehingga diperlukan usaha ekstra untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Di Kelurahan Demangan sudah banyak toko dan warung yang menyediakan tempat mencuci tangan di depan tempat mereka berjualan. Salah satunya adalah deretan warung dan tempat fotokopi di sepanjang jalan Bimokurdo, Sapen, tersedia galon atau air mengalir dari keran beserta sabun cair untuk membersikan tangan sebelum masuk toko, dan setelah bertransaksi. Tulisan berisi himbauan untuk selalu mencuci tangan juga terlihat menempel di depan setiap warung, toko, dan juga di berbagai tempat umum supaya masyarakat selalu ingat untuk menjaga kebersihan. Hidup sehat yang dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga.