Hari Batik Nasional 2020

Batik merupakan sebuah karya seni warisan budaya yang dimiliki Indonesia. Secara etimologi, batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik, dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain; dan titik yang berarti titik atau matik (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik) dan kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar. 

Keunikan batik yang memiliki nilai seni tinggi, begitu diapresiasi hingga ke seluruh dunia. Batik Indonesia telah dikukuhkan ke dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Budaya Manusia oleh United Nation Educational Scientific Organization (UNESCO). Batik tentu saja dapat meningkatkan citra positif dan martabat Bangsa Indonesia di Forum Internasional serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia. 

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia, Pemerintah telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Dan sehubungan dengan telah dianugerahkannya Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia, maka pada hari Jumat, 2 Oktober 2020 ini, seluruh Pegawai Negeri Sipil di Yogyakarta memakai pakaian batik di lingkungan kerja masing-masing. 

Tak lupa kita ajak orang-orang terdekat kita sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta terhadap batik. Dengan penuh rasa kebanggan, mari kita ikut menjunjung tinggi budaya Indonesia dengan mengenakan batik dalam setiap kesempatan.