Meski Corona Melanda, Tak Menyurutkan Semangat Belajar di Kampung Baca Pengok Kelurahan Demangan

Demangan. 31/08/2021. Dalam masa Pandemi Covid-19 ini, bukan berarti menyurutkan semangat memperingati HUT RI. Kampung Baca Pengok bersinergi dengan penggiat pelaksana JBM (Jam Belajar Masyarakat) dan Kelana (Kelurahan Layak Anak) seKampung Pengok kelurahan Demangan Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Semarak Kemerdekaan 2021. Kegiatan ini didukung oleh Kelurahan Demangan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta.

                                   

Kegiatan dilaksanakan pada 9 sampai 22 Agustus 2021, secara kombinasi daring dan luring menyesuaikan dengan kondisi Kota Yogyakarta yang masih berada PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 4. Kegiatan kali ini difokuskan pada anak-anak siswa SD yang proses belajarnya sedikit banyak terdampak dengan pola belajar terbatas yang berjalan selamapandemi berlangsung. Ragam kegiatan yang dilakukan meliputi literasi keuangan dilanjutkan menghias celengan bagi anak siswa SD kelas 1 sampai kelas 3 serta membuat hiasan memperingati Kemerdekaan RI bagi anak siswa SD kelas 4 sampai kelas 6.

                      

Beberapa upaya untuk menjaga kesehatan dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan kali ini mengingat posisi PPKM yang masih level-4. Misalnya dengan pengambilan celengan yang dilakukan secara Drive-Through sehari sebelum pelaksanaan, sehingga mengurangi kerumunan. Kegiatan belajar literasi finasial anak yang berlangsung diluar sekolah ini memberikan ruang positif merdeka belajar bagi anak untuk bisa tetap mendapatkan ilmu, kapanpun dan dimanapun. Belajar tidaklah terbatas harus duduk dari bangku sekolah. Literasi keuangan anak bertujuan agar anak dapat memahami keuangan sederhana sehingga dapat mengelola uangnya secara baik untuk tujuan yang positif. Suatu hal yang sangat penting di masa pandemi yang berdampak hingga kondisi ekonomi saat ini. “Panitia memfasilitasi kegiatan anak secara daring bagi yang memiliki koneksi jaringan internet dan perangkat yang memadai serta secara luring di beberapa titik tersebar di kampung Pengok” ujar Ujar ketua panitia, Adiharsa Winahyu S.T., S.Kom., M.P.H.

                            

Lurah Demangan menambahnya dengan adanya titik kegiatan luring maka anak yang tidak memiliki atau kesulitan untuk melaksanakan secara daring dapat terbantu. “Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD” sangat membantu pendampingan anak di titik kegiatan luring.” 

                              

Untuk menambah semangat belajar anak di kampung baca pengok, telah terpilih 3 karya favorit hiasan Kemerdekaan RI. Pemenang dan hadiahnya diumumkan di https://kaca.pengok.web.id/merdeka2021. Pada hari Selasa tanggal 24 Agustus 2021, Lurah Demangan berkenan memberikan hadiah kepada para pemenang di Kantor Kelurahan Demangan. Penyerahan hadiah dilakukan secara terbatas dan singkat untuk mengurangi potensi masalah kesehatan. “ Kampung Baca Pengok, JBM dan Kelana seKampung Pengok menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 kali ini dengan kegiatan Literasi Keuangan Anak dan Menghias Celengan serta membuat Hiasan Kemerdekaan. Kegiatan ini diharapkan memberi ruang positif dan wahana merdeka belajar bagi anak di masa pandemi Covid19 yang masih berlangsung. Semoga kedepannya kegiatan seperti ini menjadi semakin luas, semarak, dan bermanfaat bagi masyarakat.” tambah Adiharsa.