Ayo, ke Perpus! 2021,  Kegiatan Kampung Baca

Bulan September merupakan Bulan Gemar Membaca yang didalamnya juga terdapat Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap tanggal 14 September. Membaca buku adalah salah satu cara untuk belajar meluaskan pengetahuan dan wawasan, hingga terdapat adagium buku adalah jendela dunia. Memperingati hal tersebut, pengurus Kampung Baca Pengok mengadakan kegiatan “Ayo, ke Perpus!“ 2021 dengan sasaran utama anak-anak untuk meningkatkan kecintaan anak terhadap buku dan perpustakaan dengan harapan mereka dapat menjadi generasi depan yang berpengetahuan tinggi dan berwawasan luas. Lurah Demangan, Sunu Sari Husada, S.I.P, mendukung kegiatan tersebut dengan menghadiri langsung kegiatan dan menyemangati anak-anak untuk terus membaca dan belajar meski di dalam situasi pandemi Covid 19 yang masih berlangsung saat ini.

Kegiatan “Ayo, ke Perpus!“ 2021 berlangsung sejak tanggal 14 sampai tanggal 17 September 2021, setiap pukul 15.30 - 17.30 sore hari, dimana anak sudah bebas dari kewajiban kegiatan sekolah. Bagi setiap anak yang datang ke perpustakaan Kampung Pengok akan mendapat susu dan doorprize. Hal ini diharapkan dapat menambah gizi anak dan kegembiraan anak dalam mengunjungi perpustakaan.

Untuk mengurangi kerumunan anak yang datang ke perpustakaan Kampung Pengok, diadakan penjadwalan kedatangan atau kunjungan ke perputaskaan. Pada awalnya diberikan alokasi satu hari satu RW untuk mengunjungi perpustakaan Kampung Pengok, namun mengingat animo, situasi cuaca, dan ketersediaan waktu anak yang berbeda-beda, akhirnya panitia memberikan kelongaran untuk bisa datang pada hari selanjutnya, bagi anak yang belum berkesempatan hadir pada jadwalnya. Tentunya hal ini dengan masih mempertimbangkan jumlah total anak yang hadir, agar tidak menjadi terlalu ramai.

Setelah empat hari kegiatan, “Ayo, ke Perpus!“ 2021 ditutup oleh Ketua Kampung Pengok, Yuli Sulistyo, S.H pada 17 September 2021. Meskipun acara berakhir, perpustakaan Kampung Pengok tetap dapat dikunjungi oleh warga Pengok yang ingin membaca atau meminjam buku Perpustakaan Kampung Baca Pengok. Untuk melihat koleksi buku atau mencari buku di Perpustakaan Kampung Baca Pengok dapat dilakukan secara online di https://kaca.pengok.web.id/koleksi/

“Buku adalah jendela dunia, media untuk mendapat pengetahuan dan meluaskan wawasan. Kampung Baca Pengok terus berupaya berkontribusi dalam meningkatkan atau minimal menjaga semangat belajar anak, agar tidak terjadi kepunahan belajar (education death) maupun generasi yang hilang (lost generation) karena pandemi Covid19. Semoga ikhtiar kecil berupa kegiatan “Ayo, ke Perpus!“ ini, bisa menjaga dan memantik semangat belajar anak-anak, tunas-tunas bangsa Indonesia” Panitia, Adiharsa Winahyu S.T., S.Kom., M.P.H.