PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI ECOPRINT DI KELURAHAN DEMANGAN

Mengawali bulan November 2021, Kelurahan Demangan mengadakan Pelatihan Ecoprint pada hari Selasa (2/11/2021) dengan peserta sebanyak 20 orang yang terdiri dari anggota TP PKK perwakilan RW di Kelurahan Demangan. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan memberdayakan perempuan sehingga dapat menumbuhkan benih-benih wirausaha baru di tengah masyarakat.

Ibu-ibu peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti petunjuk instruktur dan mempraktekkan teknik pembuatan kain ecoprint dengan bahan dedaunan dan kunyit untuk membentuk pola pada kain. Setelah pola tersusun, kain dilapisi plastik, digilas dengan pipa panjang supaya motif daun dan kunyit dapat menempel pada kain. Kemudian kain digulung, diipat dan diikat lalu dikukus selama 2 jam. Setelah itu kain diangkat dan diangin-anginkan.

Kain ecoprint yang dihasilkan pun sangatlah bagus. Ibu-ibu peserta pelatihan tampak begitu bangga memamerkan hasil kain yang mereka buat dan memiliki motif beragam. Kegiatan pelatihan ini berakhir pada pukul 13.30 dan ditutup dengan doa bersama dipimpin oleh Lurah Demangan, Bp. Sunu Sari Husada, SIP.