Bank Sampah Tanjung Asri RW 12 Peduli Lingkungan Sekitar

Pada hari Jum'at pagi tanggal 7 Januari 2022 pukul 08.00 WIB, Bank Sampah Tanjung Asri RW 12 Kelurahan Demangan bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Drs. Sugeng Darmanto melaksanakan kegiatan peduli lingkungan dengan bersama-sama menuangkan cairan eco enzyme  ke dalam selokan di sepanjang Jl. Kusbini, Pengok, Yogyakarta. 

Eco-enzyme merupakan hasil olahan limbah dapur yang difermentasi dengan menggunakan gula. Limbah dapur yang diolah adalah yang berupa ampas buah dan sayuran. Pada dasarnya, eko-enzim mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna dalam pemanfaatan sampah buah atau sayuran. Enzim dari “sampah” ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa dapur untuk menghasilkan cairan yang bermanfaat.

Dengan penuangan cairan eco enzyme di selokan tersebut, akan membunuh bakteri E coli dan mengurangi aroma tidak sedap dari selokan. Hal ini bermanfaat bagi lingkungan permukiman di sekitarnya, serta menguntungkan pula bagi para pengusaha kuliner di sepanjang Jl. Kusbini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengapresiasi kegiatan Bank Sampah RW 12 ini, sebagai peran serta aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat ditularkan ke wilayah lain sehingga semangat kepedulian terhadap lingkungan dapat semakin meningkat di tengah masyarakart.