Kerja Bakti Pembersihan Saluran Drainase di Jalan Kusbini Kelurahan Demangan

Hari ini, Jum'at 14 Januari 2022 pukul 08,00 WIB dilaksanakan kegiatan Kerja Bakti Pembersihan Saluran Drainase di Jalan Kusbini Kelurahan Demangan, yang dimulai dengan apel pembukaan di markas Koramil Gondokusuman Yogyakarta. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup ini melibatkan berbagai pihak yaitu Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, UPT Balai Yasa Yogyakarta, Koramil Gondokusuman, Kemantren Gondokusuman, Kelurahan Demangan, Ketua dan warga RW. 12, Ketua dan warga RT. 42, serta Ketua dan anggota Paguyuban Pedagang Jalan Kusbini.

Kegiatan pembersihan saluran drainase tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi saluran drainase di sepanjang Jalan Kusbini yang tercemar sampah rumah tangga, yang justru berasal dari luar lingkungan RW 12 Kelurahan Demangan. Warga dari luar ikut membuang sampah di bak sampah RW 12, namun hanya asal membuang saja sehingga sampah menjadi berantakan hingga masuk ke dalam selokan dan menyumbat saluran drainase. Hal ini dapat menyebabkan air meluap dan dalam skala besar dapat mengakibatkan banjir. Oleh karenanya, kerja bakti pembersihan saluran drainase ini sangat penting untuk dilakukan demi kebersihan lingkungan dan keselamatan warga.

Kesadaran masyarakat untuk mengolah sampah rumah tangga juga memiliki peran penting dalam upaya pelestarian lingkungan. Salah satu produk hasil pengolahan sampah organik rumah tangga ialah cairan eco enzyme yang mampu membunuh bakteri E coli dalam air selokan. Pada kegiatan kerja bakti ini, juga dilakukan penuangan cairan eco enzyme ke dalam selokan sepanjang Jalan Kusbini, secara bersama-sama oleh Bapak Mantri Pamong Praja, Bapak Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Bapak Danramil 03/Gondokusuman. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari air selokan supaya tidak menimbulkan polusi udara pada lingkungan sekitarnya.