Dapur Balita RW 10 Kelurahan Demangan, Sebuah Solusi Pemantauan Gizi Balita di Masa Pandemi

Pada hari Selasa, 22 Februari 2022 pukul 09.30 sampai dengan pukul 11.30 telah berlangsung Launching Dapur Balita "Ngluwihi Mbagehi" di Balai RW 10 Kelurahan Demangan, Kemantren Gondokusuman, Yogyakarta. Dapur Balita di RW 10 ini hadir sebagai wujud kepedulian terhadap balita khususnya di masa pandemi Covid-19. Ketua RW 10, Bapak Zulnasri menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan sukarela warga RW 10 membuka dapur balita sehat sekaligus membagikan paket menu empat sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi balita di RW 10, dengan nama Dapur Balita NGLUWIHI MBAGEHI.

Dapur Balita ini merupakan sebuah gerakan pemberdayaan yang muncul di masa pandemi Covid-19 sebagai salah satu solusi bagi pemantauan gizi dan kesehatan khususnya untuk pemberian makanan tambahan bagi balita. "Dapur balita ini adalah sebuah gerakan aksi sosial dari-oleh-untuk masyarakat, tumbuh dari swadaya masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungannya."

Dapur balita ini juga bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak melalui orang tua, dan juga mengingatkan kembali pada orang tua yang mempunyai balita bahwa tumbuh kembang anak, apalagi masih dalam usia balita memang harus terus diperhatikan.

"Selain itu secara sosial untuk meningkatkan gotong royong peduli bagi anak, sebagai individu yang rentan selama masa pandemi, dan tujuan jangka panjang adalah dengan berbagi makanan yang bergizi secara rutin sebagai upaya pencegahan stunting," jelasnya. Program ini juga memberikan informasi kepada para orang tua balita tentang bagaimana orangtua memiliki keterampilan dalam melaksanakan pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita nya secara mandiri.

Dalam proses pembuatan makanan untuk balita tersebut, warga secara bergotong-royong saling berbagi tugas, ada yang menyiapkan sayur, telur dan buah. Belasan relawan  yang terlibat bertugas mendistribusikan makanan tambahan gizi seimbang kepada para balita di RW 10.

Acara launching Dapur Balita RW 10 dihadiri oleh Ketua RW 10, Ketua Kampung Pengok, Ketua LPMK Kelurahan Demangan, Lurah Demangan, TP PKK Kemantren Gondokusuman, POKJA IV TP PKK Kota Yogyakarta yang diwakili oleh dr. Teti dan Ibu Weni, POKJA IV TP PKK Kelurahan Demangan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT se RW 10, dan juga perwakilan orang tua balita.

Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Lurah Demangan Bp. Sunu Sari Husada, SIP menyerahkan makanan bergizi kepada saah seorang Ibu perwakilan orangtua balita yang hadir.

Dengan hadirnya Dapur Balita “Ngluwihi Mbagehi” di RW 10 Kelurahan Demangan, diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan dan pemenuhan gizi seimbang bagi para balita yang merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga tumbuh kembangnya.